Ketika Dia Mengajarkan Sebuah Kata


Saya adalah orang yang percaya bahwa segala hal ada karena campur tangan Tuhan. Pernahkah kita merasa suatu saat kita diajarkan pada suatu hal secara beruntun? Contoh mudahnya adalah saat kita dikenalkan pada kosa kata baru, Tuhan menunjukkan kita kosa kata tersebut dalam penglihatan, pendengaran, bahkan ingatan kita.

Seperti yang terjadi pada hari ini. Saya sedang berdiskusi tentang sesuatu, kemudian salah seorang rekan saya tiba-tiba mengucapkan kata SME. Saya seketika bertanya, ‘apa itu SME? Ah, mungkin suatu hal yang tidak terlalu penting’. Namun, berulang kali saya mendengarkan kata tersebut, hingga muncul lah rasa penasaran saya.

Ketika membuka buku pada hari yang sama, saya menemukan kata SME beberapa kali. Ketika di tengah perjalanan menuju suatu tempat, saya melihat sepanduk-sepanduk bertuliskan SME. Ini bukan kali pertama saya mengalami serupa. Sudah berulang kali. Dan saya meyakini, ini adalah salah satu cara Tuhan mengajarkan saya kosa kata baru. SME adalah Small Middle Enterprise. Arti ini saya peroleh setelah bertanya pada seorang teman.

Unik memang. Atau bahasa lainnya, semesta mendukung kali ya? Alam mengajarkan kepada kita. Alam tahu, kapan waktu yang tepat untuk kita memahami sebuah kata. Jadi jangan pernah menyalahkan, jika ada seseorang yang tidak paham pada arti suatu kata? Bisa jadi, alam menganggap individu tersebut belum pantas untuk memahami kosa kata tersebut. Maka, ajarkanlah. Anda bisa jadi kepanjangan tangan alam yang merupakan kepanjangan tangan Tuhan. Oleh karena itu, mengajarkan ‘kosa kata’ baru kepada manusia, adalah hal yang mulia.


1 komentar:

 

Instagram

Populer

Kategori

AEC (6) Aksel Zoo (3) Asean (2) bima (1) buku (3) CAFTA (2) cerpen (4) cool (1) curhat (5) election (1) Experience (17) Filsafat (2) fotografi (5) history (2) hobby (7) Ilmu (2) indah (1) indonesia (13) industri (4) inspirasi (18) islam (3) joke (1) Kebudayaan (12) kenangan (1) kritisi (22) Leadership (20) mahesa (17) marketing (3) Moral (49) movie (1) pendidikan (4) Pergerakan (14) photography (1) pilpres (2) politik (1) prinsip (12) quote (4) sejarah (4) share (71) Shuttlers (1) thailand (13) tokoh (3) travel (4)

Pengunjung

Pengikut