Saya, Poster, dan Marketing


Rasanya baru kali ini saya menulis sebuah hal yang berhubungan dengan keilmuan saya sejak mengambil program Master. Ya, marketing. Singkat cerita, saya yang dulu tidak begitu tertarik mendalami ilmu pemasaran kini harus berjuang untuk mencintainya.

Saya yang dulu, menganggap bahwa marketing dan selling adalah satu hal yang sama. Justru disini saya disadarkan. Mereka itu berkaitan namun berbeda! Seperti tali pancing dan kail. Tujuannya sama, untuk memancing. Tetapi gunanya jelas berbeda.

Karena saya paling malas jualan -terutama dana usaha untuk kegiatan mahasiswa dulu, lol- maka saya selalu menghindari yang namanya marketing. Oh, ternyata, marketing itu lebih daripada yang saya bayangkan. Dia tidak hanya soal STP saja. Dia tidak soal profit saja. Tetapi dia soal mendandani sesuatu agar memikat pelanggan. Bahasa gaulnya costumer loyalty.

Disini baru saya ketahui tentang strategi-strategi pemasaran. Kaitannya dengan teknologi. Kaitannya dengan perilaku konsumen. Kaitannya dengan kondisi suatu negara. Dan masih banyak lagi. Yang terpenting, saya baru menemukan kecocokan antara saya dan marketing. Yaitu desain.
Sejak dulu, saya mengklaim -iya mengklaim doang, haha- bahwa hobi saya adalah desain grafis. Tools seperti photoshop dan corel draw boleh lah saya kuasai sikit-sikit. Dan marketing, seperti yang saya kutip dalam kelas,

"It is not only about a knowledge; more than that it's combine with art"

Artinya keabstrakan saya bisa dituangkan dalam bentuk keahlian ini. lol. Saya semakin mendalami bagaimana caranya bermain dengan website. Bagaimana merancang sebuah penelitian pemasaran. Bagaimana bercumbu dengan segudang data. Dan bagaimana merancang sebuah poster. Juga desain grafis. Berikut desain poster yang pernah saya presentasikan.

Poster sebagian penelitian tentang Perilaku Konsume di Jakarta terhadapa Makanan Impor Halal

Nanti saya akan coba membahas, apa yang saya teliti di sana. Kalau mau download contoh poster itu silahkan saja, Mas, Mbak, Akang, Teteh. ^^ <-- entah apa arti tanda ^^ ini (atuh saya mah kurang gahol)

Disini, harus saya akui, kreativitas dituntut. Terutama menganalisis trend pasar dan memberikan solusi untuk memuaskan pelanggan. lol. Lah, emang gitu kok. Disini kemudian saya baru mengenal steve jobs, dengan kata-katanya sebagai seorang RnD and Marketer expert legend:

"Consumer want something beyond their expectation. They even can not realize what they want. A good marketer do."

 Atuh mah si Jobs bukan lagi paranormal, dia mah dewa. lol. Bahkan yang tidak pernah dipikirkan oleh pelaku konsumen, dia memikirkan. Tentunya ini bukan sekedar intuisi. Ada ilmunya. Adaaa.

Yasudah, segitu aja. Atuh mulai sekarang jangan panggil saya salesman ya. No no no no.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Instagram

Populer

Kategori

AEC (6) Aksel Zoo (3) Asean (2) bima (1) buku (3) CAFTA (2) cerpen (4) cool (1) curhat (5) election (1) Experience (17) Filsafat (2) fotografi (5) history (2) hobby (7) Ilmu (2) indah (1) indonesia (13) industri (4) inspirasi (18) islam (3) joke (1) Kebudayaan (12) kenangan (1) kritisi (22) Leadership (20) mahesa (17) marketing (3) Moral (49) movie (1) pendidikan (4) Pergerakan (14) photography (1) pilpres (2) politik (1) prinsip (12) quote (4) sejarah (4) share (71) Shuttlers (1) thailand (13) tokoh (3) travel (4)

Pengunjung

Pengikut